News
Loading...

Jangan Biarkan Suami Stres Jika Mau Istri Cepat Hamil

Jangan Biarkan Suami Stres Jika Mau Istri Cepat Hamil - Belum juga dikaruniai momongan pasca menikah? Coba perhatikan bagaimana kondisi psikologis suami. Riset terbaru mengungkapkan jika Anda ingin cepat hamil, suami sebaiknya tidak dalam kondisi stres.

Riset tersebut dipimpin oleh Teresa Janevic dari Rutgers School of Public Health's Department of Epidemiology, Piscataway, New Jersey. Dalam penelitiannya, Teresa dan tim melibatkan 193 pria sehat berusia 38 sampai 49 tahun. Mereka semua diminta memberikan sperma sebagai sample. Para responden kemudian diminta menjawab kuisioner berisi pertanyaan tentang seberapa stres mereka dalam menjalani kehidupan dan pekerjaan.

Setelah diteliti hasilnya diketahui pria yang level stresnya tinggi jumlah sperma berkualitasnya lebih rendah ketimbang mereka yang tidak terlalu stres. "Jumlah sperma mereka juga rendah," kata Janevic seperti dikutip Everyday Health.

Jangan Biarkan Suami Stres Jika Mau Istri Cepat Hamil

Janevic menambahkan rendahnya jumlah sperma berkualitas dan jumlah sperma yang diproduksi ini menyebabkan kesuburan para pria stres tersebut menjadi menurun. Hal ini pun mempengaruhi tingkat kesuksesan kehamilan karena menurunnya jumlah sperma yang mampu membuahi sel telur.

Penelitian yang dilakukan Janevic dan timnya ini tidak melihat apakah ada hubungannya antara tingkat stres seorang pria dengan bagaimana hal itu mempengaruhi sperma. Dan menurutnya, bertambahnya level stres seorang pria tidak terlalu mempengaruhi kualitas sperma mereka. Yang dapat dipastikannya hanyalah ketika pria stres, produksi sperma berkualitasnya menurun.

Pakar lainnya mengungkapkan rupanya bukan hanya pria yang kesuburannya jadi terpengaruh karena stres. Menurut Dr. Brian Kaplan, pendiri Fertility Centers of Illionis, stres juga mempengaruhi fertilitas wanita. Hanya saja pada wanita, ketika stres sudah sangat ekstrem barulah hal itu mengurangi kemungkinan mereka hamil.

Pendiri Fertility Awareness Counseling and Training Seminars (FACTS), Tony Weschler menambahkan stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi. Bagian otak ini juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur.

Seperti dikutip Babycenter, ketika Anda merasa stres, masa subur akan mengalami penundaan atau malah sama sekali tidak terjadi. Sehingga ketika Anda dan pasangan bercinta ketika masa subur, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk hamil.


Share on Google Plus

About Admin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar