News
Loading...

5 Cara Alami Mencegah Sakit Kepala untuk Wanita

5 Cara Alami Mencegah Sakit Kepala untuk Wanita - Kalau sudah sakit kepala, mau beraktivitas apapun pastinya serba susah. Kepala cenut-cenut. Berpikir pun malah menyiksa. Ditambah dengan kesibukan yang teramat padat. Fiuh. Siapapun pasti tak ingin berada dalam kondisi ini.

Tapi tak perlu khawatir. Ada sejumlah cara yang bisa kita pilih untuk mencegah sakit kepala. Dilansir dari womentowomen.com, rasa sakit kepala itu bisa datang akibat kebiasaan yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Jadi, penting bagi kita untuk benar-benar memahami tubuh kita terlebih dahulu sebelum melakukan sejumlah perubahan. Sejumlah cara alami bisa dilakukan untuk mencegah datangnya sakit kepala. Tapi kita perlu konsisten melakukannya karena butuh waktu untuk bisa benar-benar terbebas dari sakit kepala dalam jangka waktu lama, ya Ladies.

5 Cara Alami Mencegah Sakit Kepala untuk Wanita

Kontrol Stres Anda
Hidup siapa sih yang bisa terbebas dari rasa stres selamanya? Setiap orang pasti pernah merasa stres. Tinggal bagaimana kita saja mengontrol stres tersebut. Dan faktanya, stres ini ternyata berdampak besar dengan kondisi fisik tubuh kita lho. Saat stres, kita jadi mudah sakit kepala atau mengalami gangguan kesehatan yang lainnya.

Agar tidak sering terkena sakit kepala, Anda perlu bisa menjaga kondisi pikiran Anda tetap stabil. Kunci untuk mengontrol stres adalah dengan menenangkan tubuh dan pikiran. Saat kita sudah rileks, pembuluh darah akan membesar, aliran darah lancar, tubuh lebih santai, dan sakit kepala lama kelamaan juga akan hilang.

Ada berbagai macam cara untuk mengurangi stres, antara lain:

  •     Melakukan hobi.
  •     Menulis buku harian.
  •     Melakukan meditasi rutin.
  •     Olahraga rutin.
  •     Liburan ke tempat yang Anda sukai.

Tidur Malam yang Cukup
Selain konsumsi makanan yang baik, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan. Tidur malam yang cukup dapat mengembalikan fungsi tubuh, mempercepat proses kesembuhan, dan detoksifikasi tubuh. Agar sakit kepala tak mudah menyerang, selalu atur jadwal tidur rutin setiap malam. Matikan gadget sebelum tidur. Lakukan sejumlah kegiatan relaksasi seperti mandi air hangat atau yoga.

Meskipun waktu tidur malam yang sering disarankan adalah 7 hingga 9 jam, setiap orang bisa saja memiliki kebutuhan jam tidur yang berbeda-beda. Siklus REM umumnya sekitar 90 menit. Penelitian pun membuktikan bahwa sebagian besar orang bisa tidur lebih nyenyak dengan jam tidur kelipatan 90 menit (tanpa terbangun di tengah malam). Dengan kata lain, Anda bisa merasa lebih segar setelah tidur 6, 7 1/2 jam, atau bahkan 9 jam.

Kebutuhan jam tidur Anda pun bisa berbeda dari orang lain. Jadi coba atur jam tidur Anda sendiri dan temukan jumlah jam tidur yang paling ideal untuk diri Anda.

Penuhi Cairan Kebutuhan Tubuh
Saat dehidrasi, kita kan makin mudah merasa pusing atau sakit kepala. Tubuh kita juga butuh air untuk proses detoksifikasi dan pembersihan. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka kita juga membantu proses pelepasan racun dari dalam tubuh dengan baik. Jumlah asupan air putih yang sangat disarankan adalah 8 gelas per hari.

Sakit kepala juga bisa jadi pertanda tubuh kita sedang berusaha untuk mengeluarkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Racun yang dimaksud bisa bermacam-macam. Bisa racun dari makanan yang dikonsumsi, bahan-bahan kimia, polusi, dan kualitas udara yang buruk. Perlu detoksifikasi yang tepat untuk mengeluarkan racun-racun tersebut. Dan salah satu cara detoksifikasi yang paling mudah adalah dengan minum air yang cukup.

Olahraga atau Setidaknya Gerakkan Tubuh Anda
Sakit kepala seringkali menyerang wanita yang selalu berhadapan dengan desk job. Dengan kata lain, duduk diam sepanjang hari di depan komputer tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup bisa membuat Anda terkena sakit kepala. So, Ladies, jika setiap hari Anda bekerja dengan komputer dan duduk berjam-jam, saatnya untuk lebih rutin lagi menggerakkan tubuh.

Sangat disarankan untuk menggerakkan tubuh setiap 30 atau 60 menit sekali. Menggerakkan tubuh yang dimaksud bisa dengan jalan kaki atau sekadar melakukan peregangan otot. Sebagai contoh, jika Anda bekerja berhadapan dengan komputer setiap harinya, pastikan Anda bangkit dari tempat duduk Anda setidaknya 1 jam sekali. Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit saja untuk jalan-jalan di sekitar kantor atau ke toilet. Tubuh kita tidak didesain untuk hanya diam saja. Gerakan tubuh sederhana yang dilakukan secara rutin ternyata bisa membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.

Perhatikan Postur dan Posisi Tubuh
Banyak gangguan kesehatan yang disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Apakah bahu, lengan, dan jari Anda terasa sakit setelah bekerja? Apakah posisi tempat duduk dan komputer Anda membuat Anda tak nyaman? Apakah Anda merasa ada ketegangan otot ketika bekerja? Postur tubuh yang buruk ini ternyata juga bisa jadi penyebab sakit kepala. Otot-otot yang tegang juga dapat memicu sakit kepala.

Yoga dan pilates adalah jenis olahraga yang paling disarankan untuk memperbaiki postur tubuh. Anda juga perlu memperhatikan area tubuh yang terasa kaku atau tegang saat beraktivitas. Kalau ada bagian area tubuh tertentu yang terasa amat sakit saat digerakkan, segeralah istirahat dan atasi secepatnya.

Perlu digarisbawahi pula bahwa sakit kepala bisa jadi gejala penyakit yang lebih parah. Sakit kepala bisa juga berkaitan dengan gangguan hormon. Kalau sakit kepala berlangsung lama dan terus menerus, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.


Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar