News
Loading...

Awas, diet instan bahayakan kesehatan!

Awas, diet instan bahayakan kesehatan! - Ada puluhan, bahkan ratusan, produk untuk menurunkan berat badan secara instan yang beredar luas di masyarakat. Kebanyakan produk tersebut menjanjikan penurunan berat badan secara cepat dan instan. Jangan tertipu dan buru-buru menggunakannya, karena produk semacam ini bisa membahayakan kesehatan.

Produk yang menjanjikan penurunan badan secara instan seringkali hanyalah bualan belaka. Tak ada yang bisa membantu Anda menjadi langsing tanpa usaha dan dalam waktu yang sangat cepat. Berdasarkan National Institutes of Health, seperti dilansir oleh Daily Health Post (02/01), ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tak mempercayai produk-produk diet yang menawarkan hasil instan tanpa usaha.


Awas, diet instan bahayakan kesehatan!

1. Kebanyakan suplemen diet untuk menurunkan berat badan secara instan tak akan membantu Anda menjaga berat badan dalam waktu yang lama. Beberapa bahan yang digunakan bahkan berbahaya. Misalnya adalah ephedra, yang banyak digunakan sebagai suplemen diet. Ephedra diketahui telah banyak dilarang penggunaannya karena bisa menyebabkan sakit tanpa sebab yang jelas.

2. Peneliti telah mengamati beberapa suplemen diet termasuk serat diet dari ikan, ekstrak teh hijau, tanaman herba dari China, atau ekstrak jeruk pahit. Namun tak ada yang diketahui benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa bahkan memiliki efek samping.

3. FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat telah melarang penjualan suplemen diet yang mengandung ephedra. Meski begitu, ada banyak suplemen bebas ephedra yang menyebabkan efek samping yang sama. Beberapa di antaranya menyebabkan detak jantung tak normal.

4. Banyak suplemen diet yang dijual dengan menjanjikan pembakaran lemak secara cepat atau menekan nafsu makan belum benar-benar melalui tes untuk keamanan penggunaan.

5. Apa yang tertulis pada label seringkali tak sama dengan isi dalam botol. Analisis yang dilakukan peneliti terhadap beberapa suplemen diet, termasuk suplemen herbal menunjukkan adanya perbedaan antara yang tertulis dalam label dengan yang ada di dalamnya.

6. Suplemen diet yang diklaim alami tak selalu aman.

7. Hanya karena sebuah produk dipromosikan dan diiklankan oleh dokter atau profesional lainnya, tak menjamin bahwa produk tersebut akan efektif.

Menurunkan berat badan sebaiknya tidak dilakukan secara instan. Memiliki berat badan ideal tak hanya berkaitan dengan penampilan fisik, tetapi juga kesehatan tubuh. Turunkan berat badan dengan cara melakukan gaya hidup yang sehat, mengonsumsi makanan yang menyehatkan, dan melakukan pola makan yang sehat. Dengan begitu, Anda tak hanya mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga tubuh yang sehat.

Jika di tahun baru 2015 ini salah satu resolusi Anda adalah menurunkan berat badan, sebaiknya hindari melakukannya dengan cara instan yang tak terjamin keamanannya. Lakukan secara perlahan namun dengan tidak merugikan kesehatan Anda.
Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar