News
Loading...

Mitos dan Fakta Saat Menstruasi, Apa Saja Nih?

Mitos dan Fakta Saat Menstruasi, Apa Saja Nih? - Ketika menstruasi, Anda mungkin tidak diperbolehkan untuk makan minum ini itu atau juga harus makan makanan yang katanya berpengaruh terhadap menstruasi. Bahkan, beberapa dari Anda dilarang keramas saat menstruasi. Padahal keramas tujuannya untuk menjaga kebersihan dan antara keramas dan menstruasi juga tidak ada hubungannya.

Maka dari itu Ladies, Anda perlu menyimak mitos dan fakta saat menstruasi berikut seperti yang dilansir dari MeetDoctor.com. Apa saja nih?

Mitos dan Fakta Saat Menstruasi, Apa Saja Nih?


Minuman dingin perlambat menstruasi

Banyak yang percaya kalau mengonsumsi minuman dingin dapat memperlambat menstruasi. Faktanya, mitos ini tidaklah benar karena minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi. Hal itu disebabkan karena siklus menstruasi diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Terlambatnya menstruasi terjadi saat hormon seorang wanita tidak seimbang yang dapat dipengaruhi dari beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stress dan juga penyakit.


Tidak boleh keramas saat menstruasi

Tujuan keramas untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala Anda. Terbayang bagaimana lepeknya rambut Anda selama menstruasi karena tidak boleh mencuci rambut? Sedangkan saat menstruasi, Anda harus lebih ekstra menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk rambut. Bahkan mencuci rambut saat menstruasi justru dapat membuat Anda lebih percaya diri karena merasa bersih dan wangi.


Mempercepat menstruasi dengan minum soda

Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman bersoda hanya dapat membuat seseorang merasa lebih segar. Walaupun dapat menimbulkan rasa segar, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.


Berhubungan intim saat menstruasi tidak hamil
Memang, kemungkinannya kecil untuk hamil saat berhubungan intim kala menstruasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Karena walaupun sedang menstruasi sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan sperma tersebut dapat bertahan selama tujuh hari.

Jadi Ladies, percaya mitos sih boleh-boleh saja. Namun jika mitos tersebut malah menyesatkan, misalnya saja soal keramas tadi, mending dibuang jauh-jauh saja.

Sumber: MeetDoctor.com


Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar