News
Loading...

Tips Sederhana Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Bersih dan Cerah untuk Hijabers

Tips Sederhana Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Bersih dan Cerah untuk Hijabers - Hampir semua wanita selalu memperhatikan perawatan pada wajah mereka. Para wanita berjilbab bahkan lebih fokus ke wajah daripada kulit lainnya. Ketika sudah menggunakan jilbab, bagian tubuh yang paling menonjol adalah wajah sehingga ada beberapa hijabers yang malu ketika kulit sedang bermasalah seperti jerawat atau komedo. Untuk membuat wajah lebih flawless, berikut tips yang dapat diterapkan oleh hijabers.


1. Pakai Pembersih
Ketika sudah berjilbab, wajah menjadi bagian yang paling 'kotor' dari lainnya. Pasalnya wajah merupakan bagian yang paling terbuka dan sering terkena debu ketika berpergian. Anda sebaiknya selalu membersihkan wajah kemudian memakai pelembab baik sebelum tidur maupun ketika bangun tidur. Jika kulit Anda kering setelah dibersihkan, gunakanlah toner untuk menyegarkan kulit. Pilihan pelembab memang yang khusus untuk siang dan malam.

Menurut Daniel B. Yarosh, Ph.D., penulis buku The New Science of Perfect Skin, membersikan wajah tidak perlu membeli produk yang mahal. Anda bisa membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih atau toner. Setelah itu, basuhlah wajah Anda dengan sabun khusus pembersih wajah dan bilas dengan air. Langkah-langkah tersebut berguna untuk menjaga kebersihan muka dari debu dan minyak. Perawatan sederhana yang dilakukan secara rutin ini tidak hanya bisa membebaskan wajah dari kotoran tapi juga mengurangi pembersihan pori-pori dan menyeimbangkan kadar pH kulit Anda.

2. Scrub Setiap Minggu
Anda juga disarankan untuk melakukan scrub setiap minggu. Scrub membantu menghilangkan noda hitam pada wajah serta bekas jerawat yang membandel. Pengelupasan kulit mati ditambah perawatan rutin sederhana seperti dijelaskan nomor satu akan membuat wajah terlihat lebih bersih dan sehat. Pilih bahan pengelupasan kulit yang cocok untuk wajah seperti gula, havermut, atau kacang kenari yang bisa mengurangi kadar minyak dalam kulit. Berbeda dengan garam, kandungannya dapat memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan menghaluskan kulit. Anda bisa menambahkan ekstrak vanila atau wewangian lainnya yang akan membuat wajah lebih segar.

3. Menggunakan Sun Block
Studi mengungkapkan bahwa salah satu penyebab penuaan pada kulit adalah sinar matahari. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan sun block sebelum pergi ke luar rumah terutama di musim panas. Pilih yang khusus untuk wajah. Para ahli menyarankan untuk memakai SPF minimal 30.

Sun block dipercaya dapat menangkal sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit cepat keriput, terbakar, sampai penyakit kanker seperti melanoma. Produk ini pun menjadi satu-satunya item yang paling diandalkan untuk menangkal bahaya sinar jahat. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa meski cahaya matahari sedang tidak sangat menyengat, sunscreen tetap dibutuhkan karena sinarnya masih bisa membahayakan kulit kita.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat
Jangan biarkan kulit Anda rusak atau cepat menua karena sering mengonsumsi makanan tidak sehat. Ini mempengaruhi penampilan wajah Anda. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah, asupan yang mengandung omega 3, akan membuat Anda terlihat lebih muda dan segar.

Berdasarkan penelitian, sayuran yang baik untuk kulit adalah paprika merah. Paprika akan membuat kulit lebih cerah. Tidak hanya paprika, tomat dan sayuran hijau juga membuat kulit tampak lebih bersih. Wortel dan brokoli juga akan mempercepat pergantian sel-sel kulit sehingga tampak lebih muda dan bercahaya.

Berbeda dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin. Seperti buah melon yang dapat menyerap radikal bebas untuk mengurangi masalah pada kulit layaknya jerawat. Buah lain yang membantu mengatasi jerawat adalah apel. Apel mengandung pektin yang membantu mengatasi jerawat. Berbeda dengan pisang yang membuat wajah lebih halus dan lembut.

5. Pakai Pelembab
Salah satu cara untuk menjaga kulit wajah agar tidak berjerawat dan menimbulkan masalah lainnya adalah menggunakan pelembab. Setiap hari Anda tentu berwudu minimal lima kali sehari. Wajah yang terlalu sering kena air bisa membuat kulit kering. Selain itu, membasuh wajah setelah pergi di siang hari bisa membuat keringat atau kotoran menyumbat pori-pori.

Sebaiknya setelah terkena panas matahari, berdiam diri sejenak hingga suhu tubuh lebih dingin sekitar 10 menit. Kemudian baru berwudu dan pakailah pelembab atau serum setelahnya untuk memberikan nutrisi pada kulit. Pelembab juga perlu dipakai secara rutin pagi dan malam hari yang membantu merawat kelembaban di kulit Anda. 
Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar