News
Loading...

Solusi Atasi 3 Masalah Seks yang Biasa Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Solusi Atasi 3 Masalah Seks yang Biasa Terjadi Seiring Bertambahnya Usia - Disfungsi ereksi dan keringnya area Miss V menjadi masalah seks umum yang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Meski demikian bukan berarti penunaan membuat pasangan jadi tidak menikmati seks.

Ketertarikan pada seks tidak akan menurun meskipun usia semakin bertambah. Pria dan wanita tetap bisa menikmati keintiman meskipun sudah tidak muda lagi. Bercinta saat usia sudah semakin tua juga memiliki beberapa keuntungan. Wanita misalnya, tidak akan lagi dilanda rasa khawatir takut hamil saat bercinta tanpa memakai alat kontrasepsi.

Solusi Atasi 3 Masalah Seks yang Biasa Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Berikut ini tiga masalah seks yang biasa dialami pasangan saat usia semakin menua dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Keringnya Area Miss V
Seiring bertambahnya usia, wanita akan merasakan mereka tidak lagi memproduksi cukup banyak cairan lubrikasi. Cairan ini penting agar wanita merasa nyaman saat bercinta dan tidak merasa kesakitan saat pasangan melakukan penetrasi.

Menurunnya produksi cairan lubrikasi ini disebabkan oleh menurunnya jumlah hormon estrogen dalam tubuh. Penurunan hormon estrogen biasa terjadi pada wanita yang sudah menopause. Ketika produksi cairan lubrikasi menurun, area Miss V pun menjadi kering dan menjadi kurang elastis.

Bagaimana mengatasi masalah Miss V yang kering ini? Seperti dikutip Mayo Clinic, pertama dengan menggunakan cairan lubrikasi buatan. Sekarang ini ada banyak cairan lubrikasi buatan yang dijual di pasaran. Sebaiknya pilih yang berbahan dasar air.

Cara kedua adalah dengan terapi hormonal. Ketika melakukan terapi ini dokter akan meminta wanita mengonsumsi obat untuk mengembalikan jumlah hormon estrogen atau memakau krim estrogen. Namun terapi hormonal ini belakangan menjadi kontroversi karena wanita jadi berisiko mengalami kanker payudara, serangan jantung dan stroke. Sebaiknya konsultasikan ke dokter mana solusi yang tepat untuk mengatasi masalah menopause ini.

2. Disfungsi Ereksi
Jika wanita mengalami masalah vagina kering ketika memasuki usia menopuase, pria bisa bermasalah dengan ereksinya. Seiring pertambahan usia kemampuan ereksi pria pun dapat menurun. Ada pria yang kesulitan mempertahankan ereksinya. Beberapa pria lain butuh waktu lebih lama untuk bisa ereksi dan ketika ereksi itu terjadi ternyata lemah atau kurang 'tegang'.

Penyebab terjadinya disfungsi ereksi ini karena berbagai hal. Pertama karena seiring pertambahan usia, produksi hormon testosteron menurun. Kedua, aliran darah ke area Mr. Happy tidak lancar karena berbagai penyakit, diabetes salah satunya. Tiga, ada kerusakan fungsi syaraf dan keempat, jaringan erectile menjadi tidak elastis seperti sebelumnya.

Untuk mengatasi masalah ini, menurut Everyday Health adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Rutinlah berolahraga, makan makanan sehat, menjaga berat badan, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Jika gaya hidup sehat sudah diterapkan namun disfungsi ereksi tetap terjadi, cobalah berkonsultasilah ke dokter. Ada obat-obatan yang bisa mengatasi impotensi. Operasi juga bisa menjadi jalan keluar, selama itu sesuai rekomendasi dokter.

3. Libido Rendah
Banyak orang kehilangan ketertarikannya pada seks seiring bertambahnya usia. Menurunnya libido di usia lanjut ini disebabkan karena banyak hal, seperti:
- Masalah kesehatan kronis, contohnya penyakit jantung atau diabetes
- Masalah emosional, seperti depresi atau kelelahan.
- Menurunnya level hormon seks di tubuh.
- Mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Bagi yang mengalami libido rendah ini, disarankan menemui ahli medis. Dokter bisa mengganti obat yang dikonsumsi sehingga tidak berdampak pada gairah seks. Atau dokter juga membantu mendiagnosa masalah kesehatan apa yang menyebabkan orang itu kehilangan gairah.


Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar