News
Loading...

Tips Wanita Punya Sakit Maag Tapi Ingin Diet, Bolehkah?

Segala macam penyakit jika tidak segera diobati tentunya akan mengganggu aktivitas dan produktivitas, tidak terkecuali sakit maag. Bagi Anda yang memiliki penyakit ini tentu tahu bagaimana tidak nyamannya saat maag tersebut kambuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan dan belum sempat menemui dokter untuk bertanya secara langsung, mungkin sesi Q&A dengan dr. Monica Tan yang memiliki akun @DocMonic dari @meetdoctorcom.

@atientun: Apa ada hubungan antara sakit maag jadi sesak nafas? #AskVemale

Jawaban dokter: Ada hubungannya. Tapi sesak nafas bukan disebabkan karena gangguan paru-paru. Biasanya karena lambungnya perih, maka perut akan terasa begah dan akan mengganggu gerakan paru-paru untuk mengembang. Inilah yang mengakibatkan sesak nafas.

@Choirunnisaa17: Bagaimana tips agar maag tidak mudah kambuh? #AskVemale

Jawaban dokter: Yang pasti, makan teratur. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengiritasi lambung bila belum makan karbohidrat. Contoh: jangan mengkonsumsi jeruk atau kopi saat pagi hari bila belum mengkonsumsi roti atau nasi.

Tips Wanita Punya Sakit Maag Tapi Ingin Diet, Bolehkah?

@ellen_kam: Kalau maag sampai perut kram dan sakit terpelintir tapi timbul hilang dalam 1 hari itu bagaimana? #AskVemale

Jawaban dokter: Makan teratur. Untuk obatnya, obat-obat maag memiliki cara kerja berbeda2-beda; ada obat yang mengurangi pengeluaran asam lambung, memperbaiki pergerakan lambung dan untuk menetralisir asam lambung.

@rie1987: Gejala maag akut apa saja? Cara mengobatinya bagaimana dan apa obat di pasaran aman? #AskVemale

Jawaban dokter: Gejala maag akut: mual, muntah, hilangnya nafsu makan, perut merasa penuh, nyeri pada perut sebelah kiri. Namun gejala yang timbul berbeda-beda pada setiap orang. Obat-obat di pasaran sebenarnya aman.

@IndiraBakti: Mual tiap pagi apakah maag? Ada diet yang disarankan? #AskVemale

Jawaban dokter: Bisa saja maag. Diet yang disarankan? Selama sarapan di pagi hari, makan siang dan makan malam teratur, tidak akan membahayakan lambung. Jika Anda memiliki berat berlebih, porsi makannya saja yang diatur. Selain itu kurangi camilan.

@amelbarusss: Kalau lagi kumat, pertolongan pertama yang paling tepat untuk maag apa ya? #AskVemale

Jawaban dokter: Minum obat yang menetralisir asam lambung.

@dyandayas: Sebenernya maag itu apa cuma karena telat makan, dok? #AskVemale

Jawaban dokter: Penyebab maag bermacam-macam. Bisa karena konsumsi alkohol, infeksi bakteri, virus, jamur, stress, alergi, sampai keracunan makanan.

@MzLiani: Cara paling baik mengatasi maag? Apakah boleh ikut diet? #AskVemale

Jawaban dokter: Diet seperti apa yang diinginkan? Pada prinsipnya, makan teratur, pagi, siang, malam, dengan mengurangi camilan, sudah bisa membantu untuk menurunkan berat badan, ditambah pengaturan porsi makan. Bila biasanya makan nasi 1 porsi, dikurangi jadi setengah porsi.

@_wenny:Bener nggak kalau stres, telat makan dan sering begadang bisa bikin maag semakin parah? #AskVemale

Jawaban dokter: Bener banget. Semakin stress seseorang, ditambah gaya hidup tidak sehat seperti begadang, akan memperburuk penyakit maag.

@kikannaya: Kalau punya maag tapi minum obat diet boleh kah? Mohon tipsnya #AskVemale

Jawaban dokter: Boleh. Biasanya obat-obat diet menekan napsu makan (appetite suppressant), yang harus diingat, harus tetap makan, dikit juga tidak apa-apa, supaya maagnya tidak perih.

@fetrisfetricia: Adakah hubungan maag dengan migrain? #AskVemale

Jawaban dokter: Bisa saja. Justru pada beberapa kasus, penyakit maag disebabkan akibat sering mengkonsumsi obat untuk mengobati migrain.

Apakah pertanyaan-pertanyaan Anda sudah terjawab, Ladies? ikuti terus ya tanya-jawab dengan dokter-dokter dari @meetdoctorcom tentang kesehatan wanita yang dibuka setiap Rabu dengan cara follow @VemaleDotcom dan mengikutsertakan diri dalam #AskVemale.

Sumber: MeetDoctor.com
Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar