News
Loading...

Benarkah Wanita Setelah Menikah Berat Badan Bertambah?

Kurangi berat badan selalu menjadi impian perempuan menjelang hari pernikahannya. Sayangnya, sebuah penelitian terbaru menunjukkan, impian itu sering kali gagal terlaksana dan bahkan lebih buruk lagi, justru berat badan pengantin bertambah hanya beberpa bulan setelah menikah.

Studi yang akan diterbitkan dalam jurnal Body Image itu berdasar pada serangkaian survei yang dilakukan terhadap hampir 350 perempuan di Australia.

Survei pertama dilakukan 10 bulan sebelum mereka menikah. Mereka ditanyai tentang berapa bobot ideal yang mereka dambakan sebelum menikah dan apakah mereka sudah mencapai angka tersebut. Mereka disurvei lagi satu bulan sebelum menikah. Survei terakhir digelar enam bulan setelah mereka menikah.
Benarkah Wanita Setelah Menikah Berat Badan Bertambah?

Awalnya para peneliti menemukan bahwa sekitar separuh responden mengaku mereka sudah mencapai bobot ideal tetapi masih ingin menurunkan berat sampai 9 kilogram sebelum hari pernikahan.

Tetapi satu bulan sebelum menikah rata-rata responden tidak mengalami penurunan berat badan. Lebih jauh lagi, enam bulan setelah menikah ditemukan bahwa hampir semua responden mengalami penambahan berat badan.

“Bertambahnya berat badan setelah menikah tidak mengejutkan dan itu mungkin disebabkan oleh pola makan yang lebih longgar serta aktivitas fisik pengantin baru,” tulis para peneliti yang berasal dari Flinders University, Adelaide, Australia itu.

Para peneliti juga menduga bahwa bertambahnya berat badan itu disebabkan karena perempuan sudah kehilangan motivasi untuk merawat tubuh karena sudah mendapatkan lelaki idaman mereka.

Lebih jauh studi itu menemukan bahwa perempuan yang diminta keluarga atau temannya untuk menurunkan berat badan sebelum menikah, cenderung akan lebih gemuk setelah menikah ketimbang mereka yang tidak mendapat tekanan sebelum menikah.
Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar