News
Loading...

Tips Wanita, Cantik dengan Akupunktur Rambut

Akupunktur untuk mengatasi rambut rontok. Benarkah cara ini efektif?

Rambut rontok yang berujung pada kebotakan bisa dialami siapa saja, berapa pun usianya. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat serta penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat disinyalir sebagai penyebab utama mengapa rambut mengalami kerontokan.

Secara umum rambut rontok dapat dibedakan menjadi dua, yakni hair fall dimana rambut rontok bisa dihitung secara kasat mata, dan hair loss yaitu kondisi rambut menipis tanpa ada kerontokan yang berlebihan.

Manfaat Akupunktur Rambut

Akupunktur rambut merupakan salah satu metode yang diminati. Mengapa? Karena akupunktur rambut lebih alami, nyaris tanpa efek samping. Dengan akupunktur, peredaran darah akan lancar dan hormon menjadi seimbang, karena mampu menyerap nutrisi dengan baik. Perawatan dengan jarum akupunktur biasanya lebih berhasil karena merangsang saraf-saraf kepala dan organ ginjal untuk bekerja seperti semula dan langsung ke sumbernya, yaitu Qi (Chi).

http://tips-to-wanita.blogspot.com/

Alat yang digunakan dalam proses ini adalah jarum prisma, elektro dan alat TDP atau infrared, yang berfungsi merangsang meridian kepala dan organ ginjal yang terletak di kaki. Sebelum mulai, terlebih dahulu dilakukan konsultasi riwayat keluhan rambut. Setelah itu dilakukan penusukan jarum di area kepala dan kaki, dipasangi kabel ke alat elektro (disebut elektropunktur) dan diberikan pemanasan menggunakan alat TDP atau infrared. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.

Setelah 6 kali terapi, hasilnya mulai tampak, seperti rambut semakin banyak tumbuh. Diperlukan 2 kali terapi dalam seminggu. Sampai hasil maksimal yang diinginkan diperlukan sekitar 12 kali bahkan 36 kali terapi. Kisaran biayanya beragam antara Rp250.000 sampai Rp500.000, tergantung kondisi, keluhan rambut, dan banyaknya jumlah jarum yang digunakan.

Cara Kerja

Akupunktur bekerja merangsang saraf kulit kepala untuk melancarkan aliran darah serta menguatkan akar rambut yang menggumpal di bawahnya dan meridian-meridian area kepala yang dilalui oleh meridian organ kandung kemih, kandung empedu. Dengan lancarnya Qi (Chi) meridian akan membuka sumbatan-sumbatan yang dapat membantu kesuburan rambut dan keluhan lainnya.

Tips Hindari Rambut Rontok

Berikut tips menghindari kerontokan rambut yang disampaikan oleh Juliana Tjandra, seorang akupunkturis:
●  Biasakan untuk keramas dengan air  biasa, jangan menggunakan air hangat.
●  Hindari sampo yang mengandung banyak deterjen, karena menyebabkan
 rambut menjadi kering.
●  Sisir rambut 2 kali sehari untuk memberikan rangsangan ke kulit kepala.
●  Kurangi penggunaan hair dryer dan alat catok. Kalau sesekali menggunakannya, pastikan jaraknya tidak kurang  30 cm dari rambut.
●  Jangan mencabut uban, lebih baik digunting saja.
●  Hindari mengonsumsi makanan yang  bersifat panas seperti durian, daging
 kambing dan sebagainya.
●  Hindari alkohol dan rokok.

Faktor Penyebab Rambut Rontok
● Hormonal: Rambut rontok akibat faktor hormonal terjadi karena hormon yang tidak seimbang. Biasanya terjadi setelah melahirkan atau saat hamil.
● Genetik: Jika ayah atau saudara kandung cenderung memiliki rambut rontok hingga mengalami kebotakan, biasanya anggota keluarga yang lain otomatis juga mengalaminya.
● Ketombe: Saat kulit kepala berminyak maka banyak debu yang mudah menempel hingga menimbulkan ketombe yang berujung pada rambut rontok.
● Stres atau depresi: Saat stres peredaran darah tidak lancar dan membuat rambut menjadi rontok.
Share on Google Plus

About Awidya Firsiades Alin

Aktif di blogger sejak 2013, Postingannya bukan hasil ngetik sendiri tapi yang penting bisa bermanfaat untuk yang nyasar berkunjung ke blog tips wanita.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar